PENGHIJAUAN DESA NGAGEL UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DESA

Ngagel, 3 oktober 2021

 

Penghijauan Desa salah satu program untuk meningkatkan Perekonomian Desa. Mahasiswa KKN IAIN KUDUS 2021 melaksanakan kegiatan penghijauan Desa pada Minggu, 3 Oktober 2021 di Desa Ngagel. Penghijauan desa salah satu program kerja yang diprogramkan oleh kelompok KKN IAIN KUDUS 2021 dengan tujuan untuk meningkatkan  keasrian dan keramahan lingkungan hidup dan kesejukan. Adapun 14 jenis bibit pohon yang ditanam adalah nangka, matoa, durian, salam, pete, tabe buya, jambu biji, flamboyan, alfukat, pucuk merah, mahoni, trambesi, jengkol, dan sengon. Memilih jenis pohon produktif tersebut dengan orientasi jangka panjang dengan harapan pohon dengan buahnya bisa memberikan nilai guna dan membantu perekonomian untuk masyarakat desa Ngagel. Kegiatan penanaman pohon ini dimulai dari sekeliling lapangan poh gadeng. Kegiatan penghijauan desa ini didampingi langsung oleh kepala desa Ngagel bapak Suwardi beserta jajarannya, karag taruna, tim KKN IAIN Kudus dan Masyarakat sekitar dengan antusias memberikan dorongan demi terlaksanakannya program tersebut.

Kegiatan berlangsung pada pukul 07.00-selesai dibuka secara simbolik oleh kepala desa Ngagel bapak Suwardi dan dilanjutkan oleh mahasiswa KKN IAIN Kudus, masyarakat,  karang tarunan, dan perangkat desa. Jumlah bibit yang di tanam sekitar 50 batang dari 14 jenis bibit. Program kegiatan ini kami rangkai dengan pembagian bibit pohon produktif kepada masyarakat.

Kegiatan penghijauan desa salah satu program kerja dalam KKN IAIN Kudus, kami hanya bisa merintis melalui kegiatan tersebut selebihnya kami menaruh harapan kepada masyarakat agar bisa merawat dan menjaganya supaya bibit pohon yang ditanam bisa tumbuh besar seperti yang diharapkan.

 

Penulis

KKN-IK IAIN Kudus 2021

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan